iaisolo.id. Menjadi tongak sejarah bahwa dalam Rakerda Tahun 2020 di Solo dilaksanakan Pertemuan Ilmiah Daerah (PID). Koordinator Panitia PID, Heru Sasongko, M.Sc., Apt menjelaskan kegiatan ilmiah ini baru dilaksanakan pertama kali oleh Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia Jawa Tengah dalam serangkaian seminar dan RAKERDA. Dengan pertemuan ilmiah daerah ini diharapkan sebagai proses membangun budaya ilmiah dan saling bertukar informasi terkait pelayanan kefarmasian oleh Apoteker di sarana pelayanan, distribusi, produksi maupun para akademisi. Sasaran dari kegiatan PID adalah para praktisi kesehatan di rumah sakit, apotek, klinik, industrI farmasi hingga akademisi (dosen). Kegiatan pertemuan ilmiah dilakukan dalam bentuk deseminasi hasil penelitian melalui oral presentasi yang diikuti oleh peserta pada RAKERDA IAI PD JAWA TENGAH pada tahun 2020.

Luaran Jurnal publikasi dalam pertemuan ilmiah daerah di dukung beberapa jurnal dari perguruan tinggi farmasi yang ada di Jawa Tengah.

  1. Journal of Pharmaceutical Science and Clinical Research (Universitas Sebelas Maret)
  2. Jurnal Farmasi Sains dan Praktis (Universitas Muhammadiyah Magelang)
  3. Jurnal Farmasi Indonesia (Pharmaceutical Journal Of Indonesia) (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
  4. Jurnal Farmasi Indonesia (Universitas Setia Budi)
  5. Pharmacon (Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta)
  6. Cendekia Journal of Pharmacy (Program Studi Farmasi STIKES Cendekia Utama Kudus)
  7. Jurnal Farmasi (Journal Of Pharmacy) (STIKES Nasional Surakarta)
  8. Jurnal Ilmu Farmasi dan Farmasi Klinik ( Universitas Wahid Hasyim Semarang)

Untuk memotivasi para peserta PID selain publikasi dalam jurnal maupun prosiding, panitia akan memberikan penghargaan berupa uang pembinaan bagi peserta perwakilan Pengurus Cabang IAI Jawa Tengah. Hasil evaluasi dan penilaian terhadap karya ilmiah penelitian dan presentasi, PC Semarang dinyatakan sebagai best precenter terbaik diikuti oleh PC Purbalinga dan PC Karanganyar, sementara itu Handri Mursiti, S.F., Apt sebagai delegasi PID dari PC Surakarta menceritakan bahwa keikutsertaannya dalam kegiatan ini adalah sebagai pengalaman yang akan memacu semangatnya untuk terus melakukan penelitian-penelitian dan kajian terhadap masalah pelayanan kefarmasian di kota surakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *