iaisolo.id. Apoteker dengan segala kompetensi yang dimiliki diharapkan dapat ikut membantu tim tanggap bencana memberikan pelayanan kesehatan dan pengelolaan logistik di daerah bencana. Kegiatan yang dapat dilakukan oleh Apoteker antara lain dengan mengidentifikasi korban, mencegah dan menyelesaikan masalah obat dan masalah yang berhubungan dengan kesehatan. Peran serta Apoteker dalam kondisi kedaruratan dapat memperkuat tim medis yang terjun langsung di lokasi bencana. Komunikasi yang efektif antara tim lapangan dan tim medis diperlukan dalam penanganan pertama korban bencana.

Manajemen bencana merupakan seluruh kegiatan yang meliputi aspek perencanaan dan penanggulangan bencana, pada sebelum, saat dan sesudah terjadi bencana. Tujuan dari kegiatan manajemen bencana antara lain untuk mencegah kehilangan jiwa, mengurangi penderitaan manusia, memberi informasi masyarakat dan pihak berwenang mengenai risiko, mengurangi kerusakan infrastruktur utama, harta benda dan kehilangan sumber ekonomis. Peran Apoteker dalam manajemen bencana adalah bertanggungjawab atas ketersediaan obat serta memastikan penggunaannya sudah tepat.

Melihat vitalnya peran Apoteker terkait keikutsertaan dan manajemen perbekalan kefarmasian pada masa bencana, Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Surakarta akan melaksanakan kegiatan Webinar Amal Tanggap Bencana “Apoteker berbagi untuk sesama“.

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 16 Januari 2022 terbuka untuk seluruh Apoteker di Indonesia yang memiliki kemauan kuat untuk menambah kompetensi penanganan korban bencana. Kegiatan ini merupakan kegiatan amal yang akan mendonasikan seluruh dana yang terkumpul dari peserta yang mendaftar ke daerah bencana secara terstruktur oleh tim pengabdian PC IAI Surakarta.

Informasi lebih lanjut di instagram @apotekersurakarta

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.