IAI Surakarta turut menyemarakkan kegiatan Pekan Kesadaran Antimikroba Dunia, yang mengambil tema Antimikroba Gunakan dengan Bijak pada 18-24 November 2020 ini. Kegiatan yang dilakukan adalah berupa menjadi pembicara talk show yang disiarkan langsung oleh SoloPos FM 103 Mhz pada hari Kamis 19 November 2020. Yang menjadi pembicara adalah Ibu apt. Verawati Hadi, Sekretaris PC IAI Surakarta sekaligus praktisi apoteker yang bekerja di rumah sakit. Hadir pula sebagai pembicara adalah Bapak apt. Sukir Satrija Djati, penggiat penggunaan antibiotik rasional yang tinggal di Jogja sekaligus inisiator acara ini beserta Bapak Mayor Haristanto, Presiden Republik Aeng-Aeng Surakarta.

Disampaikan dalam talkshow tersebut bahwa masyarakat harus sadar dan menggunakan antibiotik secara benar mulai saat ini juga. Karena bila tidak, problema resistensi akan semakin sulit diatasi.  Resistensi suatu antibiotika oleh bakteri dapat dengan mudah menyebar dari satu orang ke orang lain apabila masyarakat makin abai dengan ketertiban dan kepatuhan penggunaan antibiotik.

Dalam kesempatan ini dijelaskan pula bahwa IAI Surakarta telah memiliki beberapa program untuk mendukung penggunaan antibiotik yang baik dan benar. Misalnya sudah terbentuk kelompok AOC, yaitu agent of change, yang artinya setiap apoteker itu hendaknya menjadi agen perubahan untuk mampu memperbaiki dan memberikan informasi yang benar tentang penggunaan antibiotic. Terdapat pula peran apoteker dalam penggunaan antibiotic saat perawatan pasien dengan pola home care karena dengan model ini apoteker dapat lebih terlibat untuk emmantau penggunaan obat di rumah, khususnya antibiotik. IAI Surakarta juga bekerja sama dengan Dinkes Provinsi Jawa Tengah dalam penggunaan antibiotic yang baik dan benar dalam terapi TB pada masyarakat.

Demikianlah, peran semua pihak sangat diperlukan untuk menurunkan dan menghentikan laju resistensi antibiotik. Sehingga penggunaan antibiotik yang baik, benar dan bijak harus terus dikampanyekan karena ini merupakan tugas bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *